Fine, saya tahu anda sudah bosan mendengar perintah membaca dari guru anda. Tapi guru anda benar, membaca itu penting. Bahkan Allah SWT memerintahkan manusia untuk membaca. Sering-seringlah membaca, karena dengan membaca anda membuka cakrawala dunia.

Well said, hampir tidak ada efek negatif dari membaca, kecuali impact-nya pada tubuh ketika cara membaca kita salah. Namun hampir semua efek dari membaca ialah efek positif.

Dengan membaca, kita dapat  mendapatkan informasi. Baik informasi terkini maupun informasi yang lampau. Selain mendapatkan informasi, kita juga dapat meningkatkan kemampuan kita dengan membaca. Bacalah topik yang sesuai dengan passion dan lingkungan kerja kita. Tapi bukan berarti kita tidak perlu membaca hal lain yang tergolong umum.

Namun, ada hal lain yang tak kalah penting dari niat untuk membaca, yakni curiosity. Semakin penasaran anda, semakin banyak pengetahuan baru yang anda dapatkan. Rasa penasaran yang tinggi dan niat untuk membaca perlu diimbangi dengan kecepatan dan keefektifan membaca yang baik. Semakin cepat anda membaca, semakin banyak informasi yang anda terima. Semakin luas wawasan anda.

Forbes pada artikelnya, menyebutkan bahwa rata-rata anak kelas 8 membaca dengan kecepatan 250 kata per menit (kpm). Dan 

Anda dapat mencoba mengukur kecepatan membaca anda di situs readingsoft. (Saya belum menemukan situs berbahasa indonesia, beritahu saya jika anda tahu). Saat ini, saya sendiri membaca artikel bahasa inggris tersebut dengan kecepatan hanya 231 kpm. Dan asumsikan jika komprehensi membaca saya cukup tinggi, 85%. Maka kecepatan membaca efektif saya hanya 192 kata efektif per menit (kepm). Tidak terlalu besar memang.

Meningkatkan Komprehensi dan Kecepatan Membaca

 dalam blog postnya, menyebutkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan membaca dan komprehensi, yakni:

  • Luangkan waktu untuk membaca.
  • Usahakan untuk tetap fokus ketika membaca.
  • Jangan lupa perhatikan kesehatan mata anda.
  • Catat hal penting dari materi yang anda baca.
  • Jangan takut untuk membaca ulang materi yang dianggap kurang jelas.
  • Mulai menulis, tidak perlu rapi, yang penting anda menuangkan apa yang anda baca.
  • Belajar membaca cepat dan efektif.

 

Source and Further reading: The Most Underrated Skill You need as a UX Professional dan Do You Read Fast Enough To Be Successful?

Iklan